Rancob.. (part 3)

akhirnya kemaren, minggu, 7 desember 2008,, menjadi hari paling bersejarah sepanjang masa.

masa ketika 32 sampel rancobku melewati masa2 indahnya dengan selamat dan sentausa sampe akhir hayat mereka.

selama habis ngerjain “rancob part2” kemanren2 hingga kemaren, kami nga diem2 aja. berbagai upaya kami kerjakan. ya beli lagi sampel yang jatoh ntu (sempet si bapanya bilang sampelnya abis dan kami langsung mati lemas. tapi besoknya si bapanya bilang ada, alhamdulillah), desain ulang tuh kuda2an, nimbang sampel pake timbangan akurat yang di lab, nga pake timbangan “mata cembung” itu lagi.

akhirnya minggu pagi yang cerah itu, kembali kami standby di rumah korban,tempat dimana percobaan kami dilakukan (rumah fandi lagi).

kita buru2 mengeluarkan alat2 doraemon kami. setrikaan, ganjel batu, korang, gunting, seng dan sebagainya.

dan sekaranga ada temennya strikaan: manggang di atas lilin. ternyata efektif juga, jadinya kerjaan kita jadinnya ada 2 heater.

dan jadilah kita maen masak2an 32 sampel sampe diliatin anak2 tetangga fandi.

anak2: “eh ada yang maen masak2an loh, ayo kita liatin”

berasa jadi tukang lawak, akhirnya kita ngomong.

saya: “ade2, jangan deket2 ya, kk2 lagi ngerjain percobaan, bahaya”

anak2: “iya kaka”

sambil tetep nongkrongin.

pikiran kami beradu.

saya tau apa yang dipikiran mereka: idiiih orang tua ko maen masak2 an. ngga ngajak2 lagi.

pikiran saya: ade2 bodoh. kalian mau salah asuhan? ntar salah2, diri kalian bisa jadi teroris siah.

masih dengan masak2an. dan akhirnya ujan, dan metode lilin akhirnya ngga bisa memantu banyak. kembali kepada metode memanaskan dengan setrikaan: so good.

sambil hujan2, kami mikirin juga metode baru soalnya ternyata sekarang mu kuda2annya pake seng pun dan dibantu selang pun, kipasnya ngga gerak sama sekali. (akhirnya berpikir kalo metode yang kmaren, kipasny muter itu cuma pertanda kalo muterny gara2 kebakar, bukan gara2 anginnya).

akhirnya kami nelpon dosen kami.  dan ga perlu pake bahasa inggris seperti biasa. pake bahasa indonesia an baek dan benar.

di telpon kami ceritain cerita kami mula dari kuda2an mpe sampel tumpah dsb (tapi kalo ngebakar lab mah ngga kita ceritain).  untungnya si bapa ngga marah karena kita ngerjain pas mau deadline bgt. kita ngerjain sekarng2 karena emang nyicil dan gagal ko pak, suer dah bukan gara2 males..

yap,, keluarlah gagasan:

pembakaran dengan seng berbentuk limas yang dikasi selang ujung kirinya, selangnya transparan dan ujung kanan kita kasih kipas angin. jadinya kita hitung lamanya samoel mengeluarkan asap. (asap keluar dari selang yang transparan)

ide brilian.

dan saat itulah ketika ide brilian muncul, karena histeris diriku yang lagi bikin karamel gula (taulah berapa derajat mpe bisa leleh gulanya), saking histerisnya, karamelnya kena jari.

spontan diriku langsung menarikan tarian hujan. (kesakitan)

dan hujan pun berhenti.

pukul 4 sore ketika semua. 32 sampel udah siap untuk dibunuh (di bakar). dan kita udah nyiapin segala perlengkapan, stopwatch, api, aer (buat jaga2), dsb

operator yang ngebakarin sampel awalnya adalah yang cowo sendirian, ya fandi itu. ngeliat dia ngebakarin sampeln tu kek ngeliat oarng mau perang. katanya:”safety first”.

pake jaket, sarung tangan, kaos kaki dan sepatu. untung ga tambah helm.

bakar2 ampir setengahnya, diganti dengan bu deka yang ternyata tanpa perlengkapan safety pun bisa juga. tapi kena juga cipratan bunga apinya, jadinya dia make lotion mentega buat ngehindarin tangannya ngelepuh.

lamaaaa…

dan area sekitar rumah fandi kek diliputi kabut putih. bau? pasti.

akhirnya pukul 7.30 malem, resmi percobaan kita beres, dan kita bersorak kegirangan.

inilah akhir percobaan kita. kapan2 kalo ada waktu saya akan post cara membuatnya pada kalian yang mau bikin.

kenalkan percobaan kita:

BOM ASAP

hahahaha…


Advertisements

One thought on “Rancob.. (part 3)

  1. maen masak2an? emang blom bisa masak kan?
    ni org ,pengen nyobain debus kali yak? karamel panas gitu malah dipegang….

    ho3x…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s